VISI KEILMUAN
Halaman Muka > Profil > Visi Keilmuan
VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI
Menjadi penyelenggara Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berlandaskan pada inovasi pembelajaran psikososial, pengembangan karakter, literasi, sains, seni budaya, etika profesi, kemandirian belajar serta pemerolehan Bahasa asing dan keterampilan penggunaan ICT untuk mendukung pembentukan jiwa entrepreneur.
TUJUAN PROGRAM STUDI
Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki sikap dalam etika profesi dan mandiri dalam mengembangkan jejaring kemitraan yang luas pada tingkat nasional dan internasional
Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki keterampilan umum dalam penguasaan ICT yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis projek dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berdaya saing global.
Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan pengetahuan dalam literasi dan numerasi untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berdaya saing global.
Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki keterampilan khusus serta berjiwa entrepreneur, memiliki kemampuan dalam mengembangkan proses pembelajaran inovatif dan mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berdaya saing global.
STARTEGI PENCAPAIAN TUJUAN
Rumusan strategi capaian program studi disusun dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan dengan aspek 1) Sikap; 2) Keterampilan Umum; 3) Pengetahuan; dan 4) Keterampilan Khusus.
SIKAP
KETERAMPILAN UMUM
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN KHUSUS
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor.
Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, dan SBdP.
Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
Menguasai konsep, proses, hasil dan teknik evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan serta penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai konsep enterpreneurship dalam bidang pendidikan yang merujuk pada perkembangan global.
Mampu mengimplementasikan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.
Mampu mengimplementasikan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor.
Mampu mengimplementasikan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, dan SBdP, melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif yang sesuai dengan etika akademik.
Mampu mengaplikasikan hasil analisis dan pengembangan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru di Sekolah Dasar.
Mampu mengaplikasikan rancangan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
Mampu mengaplikasikan rancangan dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika dan kaidah akademik dan mampu menghasilkan luaran berupa skripsi dan artikel ilmiah.
Mampu mengaplikasikan layanan bimbingan serta penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Mampu mengaplikasikan keterampilan enterpreneurship dalam bidang pendidikan yang merujuk pada perkembangan global.
Mampu mengaplikasikan keterampilan enterpreneurship dalam bidang pendidikan yang merujuk pada perkembangan global.